M.ALVIN FIRMANSYAH si HAFIDZ KECIL LUAR BIASA



Nama: M. Alvin Firmansyah (Alvin)
Lahir : tahun 2003 (11 tahun dari sekarang 2014)
Sekarang sekolah di SDN Panargan 1 Bogor (kelas 4 SD) tapi untuk sementara cuti sekolah dulu untuk menyelesaikan dan mengejar target sampai ke 30 juz

Siapa sih yang nggak kenal dengan Alvin Firmansyah “Juri Hafidz Indonesia” yang disiarkan diacara RCTI???  Ya .... pasti kalian sudah pasti pada tau,ada yang masih belum tau???  lihat  aja diacara Hafidz Indonesia, ya dibalik tubuh yang masih kecil tersimpan kehebatan yang luar biasa  yang tidak dimiliki oleh teman sebayanya dan mungkin melebihi kehebatan orang dewasa sekaligus,  Alvin  memang masih kecil dan  umurnya pun masih seumur jagung tapi otak dan suaranya membuat hati dan para pendengar menjadi meleleh dan tenang.  dan siapa yang mengira Alvin yang masih berumur 10 tahun bisa  menghafal 17 juz Al-Qur’an beserta terjemahan dan tidak ketinggalan pula sampai mengetahui letak  ayatnya Wahhh...!!! bukan main kan??? Sejak melihat kehebatan Alvin pernah gue bertanya ke orang tua, “ seumpama aku ikut tahfiz hafalan Qur' kayak alvin gimana???,” coba apa jawabannya??? “ TELAT... dah kamu dah ketuan  kali ya..,lagian kamu kalau hapalan sulit,”  dan dalam hati gue miris banget dengerin ortu bilang begitu, tapi gak salah juga sih ortu bilang begitu, umur aja sudah 18 tahun lebih dan dari dulu ngapalin juz ke 30 ajadari kecil sampai sekarang hapalannya itu aja dan gak nambah-nambah mungkin kalau bisa dihitung mungkin 1/3 juz alQur’an dan mungkin malah kurang dari itu haduh.....
Tapi memang Alvin tidak berusaha sendiri dalam menghafalkan Al- Qur’an  jika tidak sokong dari orantuanya terutama ayahnya yaitu ustadz Firman.
Mungkin kalian dan gue berfikir bahwa menghafalkan Al Qur’an membutuhkan fokus dan waktu lebih banyak tapi tidak itu tergantung dari pribadi seseorang untuk dapat memngolah waktu seefisien mungkin Alvin sekolah di sekolah umum, bermain dan mengaji tapi dalam mengolah waktu itu adalah hal yang berbeda. Seperti kata ustadz Firman (ayah Alvin)  “Sekolah negeri itu kan waktunya banyak . Sepulang sekolah, masih banyak waktu yang tersisa untuk belajar Al Qur’an, dan setiap anak memilki POTENSI yang sama untuk menghafal , yang penting manfaatkan waktu dengan baik,”
Dan ini cerita sekilas keseharian Alvin dalam proses menghafal Al Quran dari berbagai sumber di internet dan koran dibogor yang saya dapatkan:
  Sebelum sekolah, biasanya dimanfaatkan dulu untuk shalat subuh dan mengaji sampai setengah tujuh. Sebelum shalat, mandi dulu. Karena mandi sebelum shalat subuh itu baik untuk menjajaga kualitas suaranya,” papar Ust. Firman. “Selain itu, minum air putih, sedikitnya dua liter sehari.”
Ustadz Firman menambahkan, setelah pulang sekolah, Alvin istirahat dulu sampai Ashar. Bada Ashar, Alvin mengaji, jam 5 main, kemudian Maghrib hingga Isya mengaji lagi.
Ustad Firman menuturkan, Alvin sudah lancar baca Alquran sejak usia TK, karena belajar Iqro. Saat Alvin diberi tugas menghafal ayat dari sekolah, Alvin dengan cepat bisa menghafalkannya. Sejak saat itulah, pada umur 6 tahun, Alvin mulai diajari sang ayah untuk menghafal Al Quran berikut dengan terjemah dan letak ayatnya.
“Setiap hari, Alvin ditarget untuk mampu menghafal satu halaman dalam satu hari. Setelah lancar dipraktekkan di Quran yang tidak ada terjemahannya, ternyata lancar,” tutur Ust. Firman.
Pola menghafal yang dilakukan Alvin, lanjut Ust. Firman, dimulai dengan mendengarkan lantunan ayat Al Quran secara audio sebanyak 10 kali, kemudian praktek baca selama 10 kali. Hal itu terus dilakukan berulang, sampai akhirnya bisa.


(foto keluarga Alvin)
Pola tersebut kemudian ditularkan kepada adik-adik Alvin, yaitu Alfina Gina Imania (9 thn), Sabrina (5 thn) dan Adnan Firmansyah (4 thn). Setelah berhasil, akhirnya Ust. Firman pun berniat menularkan kebiasaan tersebut kepada lingkungan sekitarnya dengan mendirikan Rumah Penghafal Al Quran Durunnafis pada Februari 2012.
Tidak seperti rumah tahfidz umumnya, Rumah Penghafal Al Quran Durunnafis mengajarkan hafalan dengan cara Petuah, Pesantren Sabtu-Ahad. “Anak-anak bisa memilih waktu yang mereka bisa, Sabtu atau Ahad, dengan waktu belajar selama 8 jam,” ujar Ust. Firman.

*tambahan di tahun 2014
sekarang alvin udah hafal lho 20 juz lebih lho!!! dan umurnya sekarang menjadi 11 tahun

Alquran Alvin Rusak Berat lho!

Eh ya ada info yang menarik juga lho..... Al Q ur’an sampai rusak berat saking getolnya Alvin menghafalnya. Dan ini satu-satunya bacaan yang dihafa jutaan umat sejak AlQur’an diturunkan sampai sekarang dan sampai akhir zaman  dan ini foto Alquran Alvin dibawah ini
 

 (foto alvin dengan ayahnya "ustad firman")

Ada kisah menarik saat proses menghafal yang sudah dialami oleh Alvin. Selain kebetulan Alquran yang digunakan untuk menghafal adalah produk dari Syaamil - yang menarik lainnya, alquran yang digunakan untuk menghafal, kondisinya sudah rusak berat! Apa pasal? Karena Alvin dalam menghafal mau tidak mau harus membolak-balik lembaran kertas Alquran. Hal ini disampaikan oleh ayah Alvin saat pengajian di Syaamil yang dihadiri oleh presdir, Rizza Zacharia - sehingga pada kesempatan sambutan, Riza mengganti Alquran yang digunakan Alvin dengan Alquran-Syaamil yang baru.
  
Saat ini yang tengah menjadi goal Alvin dan ayahnya, kelak pada usia 12 tahun Alvin insya Allah sudah hafal Alquran ayat dan arti sebanyak 30 juz.

Gue pernah ngomong sama temen-temen sampek-sampek gue update status di facebook  “seumpama Alvin seangkatanku gue jadikan pacar, kalau gak mau jadikan calon suami ,” dijawab dan dikomen  apa coba sama temen-temen gue???  “masalahnya Alvin mau nggak punya pacar atau calon istri kayak elo!!!,   gue pun cemberut dalam hati berkata “Alvin.... kalau milih antara pemain boyband,artis terganteng didunia hanya kamu yang selalu di hatiku tak ada yang lain,meski semua orang bilang bahwa boyband korea atau One Direction dipuja seluruh dunia, tapi aku tetap setia memilihmu,”
DAN INI DIA FOTO ALVIN YANG LAIN :






SUMBER INFO dan GAMBAR : www.google.co.id


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kini Kutahu Perhatianmu itu bentuk KASIAN kepadaku